Perintah Dasar Terminal Linux

Linux adalah sistem operasi yang berbeda dengan Windows. Linux banyak memiliki distro dan versi yang berbeda-beda. Linux di kembangkan oleh komunitas, sehingga tiap distro memiliki keunggulan yang berbeda-beda karena dikembangkan sesuai kebutuhan komunitas tersebut.
Walaupun sudah mengadaptasi tampilan-tampilan berbasis windows, perintah-perintah linux lebih sering di akses menggunakan perintah berbasis teks, perintah tersebut di akses melalui terminal Linux.
Bagi yang baru belajar linux, tentu akan bingung dengan perintah dasar atau command di Terminal Linux, berikut perintah dasar di terminal linux, setiap selesai memasukan perintah akhiri dengan tekan tombol Enter :


  1. Cara aktifkan terminal linux : tekan Tombol Ctrl + Alt + T lalu layar terminal akan muncul dan ketikan perintah dasar atau command di linux
  2. sudo su atau su saja, ini adalah perintah untuk login sebagai super user. selanjutkan akan diminta password login super user, silahkan masukan password tersebut.
  3. ls (huruf L kecil dan s), perintah ini digunakan untuk melihat daftar atau isi dari folder, mirip dengan perindah dir pada command prompt microsoft
  4. ls -al (huruf L kecil dan s lalu spasi lalu -a dan huruf L kecil), perintah ini digunakan untuk melihat daftar atau isi dari folder keseluruhan termasuk yang tersembunyi.
  5. cd [lokasi atau nama folder], perintah untuk masuk ke suatu folder contoh : cd Downloads untuk masuk ke folder Downloads
  6. cd - (cd spasi tanda minus), perintah kembali ke suatu folder sebelumnya.
  7. cp [asal] [tujuan] , perintah untuk membuat duplikasi / copy file. contoh cp \Downloads\a.txt \Data\
  8. mv [asal] [tujuan] , perintah untuk memindahkan file. Contoh : mv \Downloads\a.txt \Data\
  9. clear , perintah untuk membersihkan layar dari perintah atau text yang muncul akibat perintah sebelumnya 
bersambung ...

0 Response to "Perintah Dasar Terminal Linux"

Post a Comment

Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM