Aplikasi Cetak Label Alamat Paket Kiriman Jualan Online Dengan Microsoft Excel

Bisnis online yang memiliki fisik produk tidak terlepas dari pengiriman produk tersebut kepada pelanggan, biasanya kita akan menulis Label Alamat Penerima Kiriman, bisa langsung di kiriman atau dibuat dahulu di kertas lalu kertas tersebut di tempel pada produk. Biasanya untuk lebih rapi dan terorganisir pemilik online shop akan menyimpan data pelanggannya di komputer atau laptop lalu kemudian data tersebut di cetak dalam format Label Alamat Pengiriman Paket Jualan Online.

Kali ini untuk memudahkan sahabat tekno-g kami telah menyiapkan sebuah file yang bisa disebut aplikasi siap pakai dan bisa digunakan untuk mencetak label alamat paket kiriman jualan online dengan microsoft excel.
Apa saja keunggulan dari aplikasi ini :
  • Hanya Terdiri Dari 1 (satu) file dengan alamat yang bisa dibuat secara dinamis
  • Data Pelanggan (Nama, Alamat dan Nomor Handphone) tersimpan dalam satu sheet yang bisa ditambah terus sesuai kebutuhan seperti database
  • Bisa disesuaikan formatnya dengan kebutuhan
  • Gratis dan siap pakai
File ini bisa sahabat download dengan link yang terdapat di akhir artikel ini, namun sebelumnya mari kita lihat dahulu seperti apa aplikasi cetak label tersebut :

1. Format Label Kiriman

Secara sederhana format label harus mengikuti ketentuan yang ada pada jasa kurir atau pengiriman paket online. Adapun format standar dari label pengirim adalah sebagai berikut :
  • Harus Mencantumkan Nama, Alamat Jelas dan Nomor Hp Penerima
  • Harus Terdapat Nama, Alamat Jelas dan Nomor Hp Pengirim
  • Keterangan Singkat Isi Barang
Sedangkan posisi dari format tersebut :
  • Untuk Penerima berada pada posisi yang mudah di baca dan biasanya diletakkan pada bagian yang paling luas dari sisi paket, dan pengirim di posisikan disebelah kiri dari bagian penerima atau dibagian lain yang lebih kecil
  • Bisa dibuat dalam satu lembar kertas (seperti aplikasi yang kita buat ini) lalu dicetak atau ditulis dan ditempel pada paket kiriman jualan online. 

2. Format Sheets Database Pelanggan

Karena ini adalah semacam aplikasi sederhana maka formatnya pun sederhana yaitu meliputi database pelanggan yang terdiri hanya 4 kolom saja yaitu Nama, Alamat, No Hp dan Pilihan Kurir. Database ini terus bisa ditambah sesuai kebutuhan dan tentu saja kekuatan dari memory laptop atau komputer sahabat, jangan khawatir 

3. Preview Cetakan Label Kiriman

Sebelum dilakukan pencetakan pencetakan di printer, sebaiknya lakukan dulu preview dari aplikasi label alamat kiriman untuk melihat hasilnya. Jika sudah cocok maka lakukan pencetakan 
Cara Menggunakan Aplikasi

a. Mengenal Aplikasi


Aplikasi ini dibuat dengan Excel dan sangat mudah penggunaannya, terdiri dari 2 sheets utama (sheest lain bisa ditambahkan belakangan) yaitu Label1 dan DataPelanggan. Sheets Label1 adalah sheet untuk mencetak label yang datanya diperoleh dari Sheets DataPelanggan, sedangkan sheets data pelanggan adalah Sheets untuk menginput data pelanggan.

b. Input Data Pelanggan


  • Untuk mengisi data pelanggan, sahabat tinggal mengaktifkan sheets DataPelanggan, Input data berurutan mulai dari no, nama, alamat dan kurir.
  • No wajib unik dan upayakan berurutan (walaupun tidak harus berurutan).
  • Setelah data di input di Sheets DataPelanggan, Pindah ke Label1 dan masukkan No Pelanggan sesuai dengan kolom No di Sheets DataPelanggan.
  • Maka Label Alamat Paket Kiriman sesuai dengan nama pelanggan siap untuk di cetak

c. Logo 

  • Jika dibutuhkan logo dapat di tambahkan dari menu Insert dan masukkan logo sesuai dengan logo Toko Online yang sahabat miliki.

d. Pencetakan


  • Label Alamat yang ingin di cetak sebaiknya di preview dulu untuk mem paskan posisi margin dari kertas yang digunakan, dan biasanya ini hanya digunakan 1 kali saja dan seterusnya bisa langsung di cetak.

Demikian Aplikasi Cetak Label Alamat Paket Kiriman Jualan Online Dengan Microsoft Excel semoga bermanfaat bagi sahabat yang mengelola Online Shop nya, bagi sahabat yang ingin mencoba menggunakan aplikasi ini silahkan di link berikut ini :
Saat membuka file gunakan password : tekno-g

Agar sahabat bisa dengan mudah menggunakan aplikasi diatas berikut video mudah cara menggunakannya :

Terima kasih sudah berkunjung ke blog tekno-g ini, Jika sahabat menemukan hal yang salah dalam artikel ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari solusi segera mungkin. Apabila merasa bermanfaat yang besar silahkan like and share. Terima kasih

1 Response to "Aplikasi Cetak Label Alamat Paket Kiriman Jualan Online Dengan Microsoft Excel"

Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM