Cara Merubah Lokasi Database Access Sesuai Dengan Direktori Exe Aplikasi di Visual Basic Net


Bagi sahabat yang menyenangi pembuatan program menggunakan Visual Basic Net pasti sering bergulat dengan pembuatan database atau membuat aplikasi yang berhubungan dengan database, salah satu database yang cukup disenangi dan mudah digunakan adalah Microsoft Access, selain mudah database ini adalah bawaan dari Microsoft Office dan sangat kompatibel dengan Visual Basic Net yang juga keluaran dari Microsoft.
Namun kadang muncul masalah saat aplikasi tersebut mau kita deploy atau kita jadikan sebagai Installer dan digunakan oleh user, terkadang kita lupa membuat setting aplikasi dimana database terkadang harus berada dengan exe aplikasi yang kita buat.

Maksudnya seperti ini; Misalnya kita mempunyai aplikasi yang bernama Sibasonet.exe (Sibasonet singkatan dari : Aplikasi Bantu Petugas Loket Versi Network) dan database yang digunakan adalah data.mdb, lihat gambar berikut.

Dari gambar diatas aplikasi dan database berada disatu folder D:\SiBasoNet (Folder Ujicoba Visual basic net)

Setting database yang dibaca pada konfig adalah seperti gambar berikut :

Dari gambar diatas dapat kita ketahui bahwa aplikasi akan membaca database data.mdb yang berada dalam folder D:\SiBasoNet.
Konsekuensinya jika database tersebut berada di luar dari folder D:\SiBasoNet misalnya kita pindahkan kedalam folder D:\SiBasoNet\Data, akan muncul error seperti ini :

Nah, untuk mempermudah user ada baiknya database tersebut kita satukan saja dalam folder exe aplikasi, maksudnya tidak boleh terpisah dan jika kita pindahkan foldernya baik itu di drive C:, drive D: atau dalam flashdisk sekalipun maka aplikasi akan tetap membaca database yang ada di dalam satu folder dengannya.
Bagaimana caranya ? Sangat mudah kita hanya mengganti lokasi folder dengan teks berikut yaitu : |DataDirectory| 

Teks tersebut maksudnya Sumber Data yang kita baca berada dalam satu direktori atau folder dengan Aplikasi Exe nya. Lihat gambar berikut :

Sudah faham ya... hanya dengan merubah sedikit pada file App.config maka dengan mudah kita bisa merubah lokasi database access sesuai dengan direktori exe aplikasi di Visual Basic Net. Untuk pengembangannya tidak masalah jika sahabat ini memisahkan folder exe aplikasi dengan databasenya asal sahabat tahu dan tidak bingung nanti menandai folder yang dipakai untuk tempat database suatu aplikasi.
Untuk lebih mengerti bisa dilihat dari Video berikut ini ;
Semoga memberikan manfaat bagi yang baru belajar visual basic net atau yang sudah tingkat menengah dan advance, kami juga baru belajar dan mohon saran serta kritiknya yang membangun.

1 Response to "Cara Merubah Lokasi Database Access Sesuai Dengan Direktori Exe Aplikasi di Visual Basic Net"

  1. Normally I do not learn post on blogs, however I would like to say
    that this write-up very compelled me to take a look at
    and do so! Your writing style has been surprised
    me. Thanks, quite great post.

    ReplyDelete

Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM