Cara Mengetahui Cell Yang Berisi Formula atau Rumus Dengan Conditional Formatting di Microsoft Excel

Sahabat tekno-g kali ini kita akan membaca bagaimana cara mengetahui cell yang berisi formula atau rumus dengan conditional formatting di Microsoft Excel. Artikel ini pernah di Publish di salah satu Tabloid Komputer yang terkenal yaitu PC-Plus dimana waktu itu kami menjadi kontributor pada salah satu halaman tips dan trik di tabloid tersebut.


Ok, sebelum kita lanjut bagaimana caranya, kita harus tahu dahulu kenapa kita butuh tahu cell yang berisi formula ? Baik berikut alasannya :
  • Terkadang kita butuh mengolah data dengan excel namun tanpa sengaja telah menginput atau mengubah isi dari suatu cell dengan data yang kita miliki, celakanya cell tersebut mengandung formula khusus atau fungsi yang kita buat, namun diakhir proses kita menyimpan file, menutup worksheet akhirnya kehilangan formula tersebut.
  • Bisa jadi formula yang kita miliki adalah rumus yang kompleks misalnya rumus yang memiliki logika pencabangan yang banyak dan berhubungan (link) dengan sheets atau bahkan file excel yang lainnya. Jika tanpa sengaja terhapus tentu akan sangat merepotkan untuk membuatnya kembali.
  • Kita termasuk orang yang suka melakukan Cut dan Paste atau Copy Paste Mania, tanpa sengaja mem paste di cell yang justru disitu ada rumus yang penting maka ini tentunya akan menyulitkan kita.
Apa solusinya ? Ada beberapa solusi diantaranya yaitu :
  1. Menyembunyikan baris (row) atau kolom (column) dengan fasilitas hide
  2. Memproteksi cell dan mengaktifkan proteksi workbook sehingga hanya cell tertentu saja yang bisa di edit.
  3. Memberi tanda khusus pada cell yang memiliki formula dengan memanfaatkan conditional formatting.
Dalam artikel ini kita akan menggunakan cara yang ketiga, jika ada kesempatan kita juga akan menjelaskan cara 1 dan 2. Baik mari langsung kita lihat cara membuat conditional formattingnya.
  1. Dalam worksheet, klik [Insert]>[Name]>[Define].
  2. Dalam kotak dialog Define Name, ketik pada kotak Names in Workbook. SEL_PUNYA_FORMULA (ini dapat diubah sesuai keinginan)
  3. Masukkan rumus berik ut kotak Refers to: =GET.CELL(48,INDIRECT(“rc”,FALSE)) lalu klik Klik [Add]>[OK].
  4. Perhatikan tanda , (koma) bisa jadi berubah menjadi ; (titik koma) sesuai dengan setting Excel yang sahabat miliki. 
  5. Kemudian blok seluruh sel dalam range kerja Anda, kemudian klik [Format]>[Conditional Formatting].
  6. Dalam kotak Conditional Formatting, pilih Formula Is yang terletak di bawah Condition 1, lalu masukkan rumus berikut di sebelahnya: =Sel_Punya_Rumus
  7. Lalu klik [Format] dan sesuaikan format sel yang berisi rumus sesuai dengan keinginan Anda, misalnya klik [Pattern] pilih warna hijau muda lalu klik [OK] dan [OK] sekali lagi (perubahan dapat diterapkan pada, border dan warna latar sel).



    Jika tidak ada kesalahan dalam mengikuti semua petunjuk diatas, maka setiap cell yang berisi rumus akan ditandai dengan warna hijau muda.

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog tekno-g ini, Jika sahabat menemukan hal yang salah dalam artikel ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari solusi segera mungkin. Apabila merasa bermanfaat yang besar silahkan like and share. Terima kasih

    0 Response to "Cara Mengetahui Cell Yang Berisi Formula atau Rumus Dengan Conditional Formatting di Microsoft Excel"

    Post a Comment

    Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM