Download Contoh Kwitansi Nota Penjualan Sederhana Dengan Microsoft Excel

Sahabat yang memiliki toko atau tempat usaha dalam skala kecil dan menengah terkadang membutuhkan Kwitansi atau nota penjualan ketika bertransaksi dengan pelanggan. Dalam artikel kali ini kami akan berbagi Contoh Kwitansi Nota Penjualan Sederhana yang dapat dibuat dengan Microsoft Excel dan juga bisa sahabat download dan di modifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Kwitansi atau Nota Penjualan sederhana sangatlah mudah dibuat dengan Microsoft Excel, hanya dengan beberapa langkah maka bentuk dari nota tersebut sudah bisa kita dapatkan dan siap untuk di cetak menggunakan printer. 

Sebagian dari sahabat mungkin sudah ada juga yang membuat kwitansi penjualan kepada percetakan sehingga tidak perlu lagi membuat. Namun bagi yang kehabisan stok nota ataupun baru membuat kwitansi penjualan maka contoh yang ada dalam artikel ini bisa diikuti atau di download langsung.
Kwitansi penjualan berguna untuk bukti penjualan oleh pelaku usaha dan sebagai bukti pembelian oleh pelanggan. Dengan memiliki bukti ini yang biasanya dibuat 2 rangkat maka pelaku usaha bisa menghitung stok yang terjual pada satu waktu periode tertentu.

Baik tidak berpanjang lagi berikut cara Membuat Kwitansi atau Nota Penjualan Dengan Microsoft Excel

1. Format Kwitansi Nota Penjualan

  • Pada bagian Header atau atas di nota tersebut biasanya berisi No Kwitansi atau Nota, Nama Pelanggan atau Nama Toko Lain yang membeli dan kemudian juga ada nama usaha atau toko tempat kita dan dilengkapi dengan logo nya.
  • Pada bagian isi terdiri dari kolom dan baris, kolom yaitu Banyaknya barang yang dibeli, Nama barang atau jasa yang dibeli, harga satuan, lalu jumlah. 
  • Kemudian barisnya menyesuaikan dengan besar atau panjang dari bentu nota yang dibuat, biasanya 10 atau 15 baris tergantung kebutuhan.
  • Masih pada bagian isi terdapat juga Jumlah total dari penjualan tersebut.
  • Dan dibagian bawah sekali ada tanggal dan tanda tangan penjualan kemudian nama dan tanda tangan penerima (pelanggan sebagai pembeli).

2. Cara Membuat 

  • Untuk microsoft excel sangatlah membuatnya, tinggal menentukan lebar kolom dan baris, kemudian pada masing-masing cell masukkan judul kolom yang dibutuhkan.
  • Tebalkan bagian-bagian tertentu dari kolom tersebut dan sesuai besarnya dengan hasil cetakan yang diinginkan misalnya ukuran A5 (ini biasanya 1/2 dari kertas kwarto) atau ukuran lain saat pencetakan.
  • Jika sudah cocok, lakukanlah pencetakan di printer boleh dalam keaadan kosong dan dicetak dalam jumlah tertentu. Jika nanti akan diisi manual atau dengan tulisan tangan. Bisa juga dengan menginput langsung penjualan di Laptop atau komputer, namun cara ini membutuhkan waktu sedikit waktu lebih bagi yg tidak cepat dalam proses pengetikan.
Bagi sahabat yang ingin lebih cepat dan tidak mau repot-repot membuat sendiri Kwitansi Nota Penjualan tersebut, silahkan download dengan mengikuti poin dibawah ini :
Setelah selesai download untuk membuka file Excelnya gunakan password : tekno-g

Terima kasih sudah berkunjung ke blog tekno-g ini, Jika sahabat menemukan hal yang salah dalam artikel ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari solusi segera mungkin. Jika merasa bermanfaat silahkan like dan share di media sosial.. Terima kasih

0 Response to "Download Contoh Kwitansi Nota Penjualan Sederhana Dengan Microsoft Excel"

Post a Comment

Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM