Alternatif Memperbaiki Tombol Back dan Menu Recent Application Asus Zenfone Max Pro Yang Tidak Berfungsi

Tidak tahu kenapa tiba-tiba Asus Zenfone Max Pro admin tidak berfungsi tombol back atau tombol kembalinya, kemudian bersamaan tombol Recent Application (Menu Aplikasi yang aktif) juga tidak berfungsi dengan baik.
Saat ditekan pada tombol itu malah seperti menekan salah satu icon yang ada diatasnya, jadi ada kemungkinan yang rusak adalah Layar Sentuh (Touch Screen) dari Handphone Asus Zenfone Max Pro itu.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya ?


Bagi sahabat tekno-g yang tidak mempunyai kemampuan hardware tentu saja ini akan sangat menyulitkan karena harus mendatangi tempat service atau garansi resmi. Jika yang rusak touchscreennya tentu saja satunya cara adalah memperbaiki atau mengganti touchscreennya.
Dari pengalaman yang pernah admin lakukan, mengganti touchscreen bukanlah solusi yang terbaik, karena dengan mengganti touchscreen yang asli akan mengurangi kemampuan dari dari smartphone yg sahabat miliki. Belum lagi saat handhpone tersebut memiliki banyak data dan tidak bisa ditinggal lama di tempat service, jadi jalan alternatif adalah dengan mengikuti cara berikut ini.

Persyaratan dan Persetujuan

Sebelumnya sahabat harus memperhatikan persyaratan dan persetujuan berikut ini :
  1. Cara ini telah admin lakukan dan berhasil di handphone pribadi admin
  2. Admin tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah yang lebih serius pada smartphone sahabat
Ok.. mari langsung kita coba cara Alternatif Memperbaiki Tombol Back dan Recent Application Asus Zenfone Max Pro Yang Tidak Berfungsi

1. Membuka Screen Protector (Pelindung Layar)

Bisa jadi karena sudah sering terjatuh dan layar pelindung retak ini akan menyebabkan sensitifitas dari screen protector hilang atau berkurang dengan membukanya maka layar langsung dapat disentuh di layar asli dan mudah-mudahan bisa teratasi masalah di tombol back (kembali) dan menu aplikasi aktif.

2. Menginstall Assistive Touch

Dengan menginstall Assistive Touch sahabat bisa membuat semacam tombol virtual mengganti tombol-tombol yang rusak atau tidak bisa merespon seperti tombol back, tombol menu, tombol home dan bahkan tombol untuk screenshot. Bagaimana cara menginstallnya ? sahabat tinggal buka google play dan masukan di pencarian kata kunci "Assistive Touch".
Nanti akan muncul berbagai macam aplikasi assistive touch dari berbagai macam developer, silahkan pilih salah satu, dan install. Lalu gunakan sesuai kebutuhan. Biasanya harus diberi izin dulu dari accesability agar bisa berjalan sebagai service.
Tips : Pilihlah Aplikasi yang memiliki Rating Bagus (Biasanya ditunjukkan dengan jumlah bintang yang banyak)

3. Mengaktifkan One Hand Mode (Mode Satu Tangan)

Di Asus Zenfone Max Pro terdapat One fasilitas Hand Mode. Dengan fasilitas ini Layar Smartphone akan menjadi kecil dan sangat mudah di akses dengan satu tangan, dan Hebatnya akan muncul tombol virtual back, home dan menu (recent application) yang baru dalam layar kecil tersebut.

Nah itu cara Alternatif Memperbaiki Tombol Back dan Recent Application Asus Zenfone Max Pro Yang Tidak Berfungsi. Semoga bermanfaat jangan lupa komen dan share. Terima kasih

1 Response to "Alternatif Memperbaiki Tombol Back dan Menu Recent Application Asus Zenfone Max Pro Yang Tidak Berfungsi"

  1. Assalamualaikum min, ni juga masalah yang sama pada zenfone 4 max pro ak. Tapi kadang suka bermasalah tombolnya dan ak coba make onehand mode tetep gak bisa

    ReplyDelete

Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM