Cara Mudah Melihat IP Address Pada Laptop/Komputer dan Gadget Kita


Tekno-G. Banyak orang yang mencari cara melihat IP Address pada Laptop atau komputer nya, atau bahkan mereka ingin tahu melihat IP Address yang ada pada perangkat android, Iphone, smartphone lain dan bahkan pada perangkat yang terhubung ke jaringan internal ataupun publik yang terhubung dengan internet global. Cara untuk melihat IP Address sangatlah mudah dan bervariasi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Jadi silahkan ikuti artikel ini agar lebih mudah bagi kita untuk dapat melihatnya.
IP Address adalah angka unik yang digunakan pada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internal ataupun publik yang mengidentifikasi perangkat tersebut untuk berkomunikasi dalam jaringan. Dari pengertian tersebut maka diperoleh dua jenis IP yaitu IP Statis/Static dan IP Dinamis. IP Static biasanya digunakan dalam satu jaringan internal dan tidak berubah-ubah, sedangkan IP Dinamis sering digunakan untuk mengakses jaringan luar (internet publik) biasanya ini digunakan oleh Modem, Koneksi WIFI dan lainnya.
Baik berikut cara mudah melihat IP Address pada Laptop atau Komputer Kita adalah :

1. Melalui CMD.exe atau Command Prompt bawaan Microsoft Windows


a. Tekan Tombol Logo Windows sekaligus dengan Huruf R (Windows + R) pada Keyboard, lalu akan muncul Jendela Run

b. Ketik cmd kemudian tekan Tombol Enter, akan muncul Jendela Command Prompt
c. Ketik ipconfig, lalu akan muncul daftar IP Address Laptop atau Komputer kita

2. Melalui Network and Sharing Center (Control Panel)

a. Klik Kanan Icon Koneksi Jaringan / Internet di bagian Kanan Taskbar Windows, Lalu Klik Network and Sharing Center, Akan muncul Jendela Control Panel>All Control Panel Items>Network and Sharing Center
b. Pada Section : View Your Active Networks, Klik Connection yang aktif, akan muncul Jendela Status Koneksi

c. Pada Jendela Connection Status, Klik Tombol Details, akan muncul Jendela Network Connection Details, Pada Property IPv4 Address valuenya adalah IP Komputer Kita.


3. Melalui Google

Cara melihat IP Address melalui Google tentu saja harus terkoneksi dulu ke Internet Publik, dengan cara ini kita juga bisa melihat IP yang ada di Gadget kita seperti Smartphone Android, Tablet, Iphone, Modem dan perangkat lain yang terhubung ke Internet.
a. Buka Browser Chrome, Mozilla, Safari atau bawaan dari perangkatnya, Lalu Akses Google.com, pada kotak pencarian masukkan keyword (kata kunci) What is my ip address , atau bisa juga yang ringkas yaitu : what is my ip.
b. Lalu Klik Cari dan akan muncul IP Laptop kita

c. Ini IP Address dari Android atau dari Gadget



4. Melalui PasarHosting.com

a. Buka web pasarhosting.com, Lalu Scroll kebawah dan klik  Tool Cek IP Address

b. Berikut IP Address yang diperoleh


5. Melalui Aplikasi Internal Yang Terinstall di Komputer

a. Cara ini kebetulan untuk aplikasi yang ada di kantor tempat saya bekerja
b. Klik Start Menu, Lalu Klik All Programs, Cari Folder Ipos, Klik iposKonfigurasi

c. Berikut Akan di dapat IP Komputer Kita


Kemungkinan ada sedikit perbedaan saat kita mengakses melalui WIFI dimana IP yang kita cek dengan cara 1, 2 dan 5 berbeda dengan cara 3 dan 4 penjelasannya sebagai berikut :
  • IP Address yang diperoleh dengan cara 1, 2 dan 5 adalah IP Internal yang diperoleh dari Perangkat yang terbentuk di laptop, IP ini bisa digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat yang sama-sama mengakses WIFI tersebut.
  • Sedangkan untuk cara 3 dan 4 adalah IP yang diperoleh untuk mengakses internet publik yang digunakan oleh perangkat WIFI tadi.
Demikian sharing kali ini tentang Cara MUdah Melihat IP Address Pada Laptop/Komputer dan Gadget Kita semoga bisa menambah khazanah keilmuan sahabat. Jika rasanya bermanfaat, silahkan bagikan atau share kepada yang lain. Jika ada kesalahan silahkan komen dibawah ini.


0 Response to "Cara Mudah Melihat IP Address Pada Laptop/Komputer dan Gadget Kita"

Post a Comment

Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM