5 Tips Memperbaiki Handphone Smartphone Yang Lemot

Pernah mengalami Handphone Lemot? atau aplikasi di smartphone lambat dibukanya? Nah kali ini tekno-g akan berusaha berbagi 5 Tips memperbaiki handphone yang lemot berdasarkan pengalaman pribadi. Jangan terlalu cepat membawa perangkat handphone ke tempat service, karena bisa jadi hanya karena masalah sepele misalnya memory yang penuh atau terlalu banyak aplikasi yang jalan dalam waktu bersamaan menyebabkan handphone sahabat jadi lambat alias lemot.

Ini dia tips memperbaiki perangkat handphone yang lelet :

  1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan dan Mengatur Autorun Aplikasi, Bagi sahabat tekno-g yang memiliki kapasitas dan spesifikasi handphone yang terbatas, trik ini akan sangat membantu, karena dengan banyaknya aplikasi yang terinstall di smartphone akan mengkibatkan media penyimpanan semakin berkurang sehingga handphone jadi lemot. Sedangkan pengaturan autorun adalah pengaturan untuk menentukan aplikasi mana saja yang boleh dijalankan saat pertama Hp diaktifkan, semakin banyak aplikasi yang diaktifkan maka semakin berat performa suatu smartphone sehingga menjadi lambat.

  2. Rajin Membackup Data Dari Media Penyimpanan Internal. Sahabat harus rajin membackup data, karena sebesar apapun kapasitas media penyimpanan internal maupun eksternal yang sahabat miliki pada sebuah handphone pasti lambat laun akan penuh. Aplikasi Mesengger seperti Whatsapp, Telegram, BBM Android, FB Mesengger sering dijadikan media sharing antar member group, file-file yang dikirim terkadang lumayan besar, sebagian juga ada yang mengirim file Film atau Video yang ukurannya sampai puluhan sampai ratusan megabit. Backup lah sesering mungkin sehingga media penyimpan menjadi lebih lega sehingga performa handphone kembali meningkat dan tidak lemot lagi.

  3. Men Setting Data Aplikasi ke Media Penyimpan Eksternal. Kadang sahabat tidak terlalu memperhatikan masalah ini, biasanya setelah menginstall sebuah aplikasi, data yang berhubungan dengan aplikasi tersebut secara default / standar dibiarkan saja berada dalam media penyimpanan internal, sehingga dapat menyebabkan memory jadi cepat penuh. Nah segeralah merubah setting aplikasi agar data yang berkaitan dengan aplikasi tersebut diarahkan ke memori ekternal.
  4. Menggunakan Aplikasi Pembersih Memory. Masing-masing aplikasi biasanya setelah tidak dipakai lagi atau dalam kondisi idle (aktif namun tidak dipakai) masih aktif di dalam memori. Akibatnya akan memberatkan kinerja handphone, karena biasanya akan meninggal file-file yang tidak dibutuhkan oleh Smartphone. Ada baiknya sahabat menggunakan aplikasi pembersih memory yang banyak tersedia di Playstore diantaranya adalah Clean Master, Power & Boost, Du Speed Boster dan lain-lain. Namun hati-hati juga menginstall aplikasi ini karena sebagian besar aplikasi yang versi gratisnya akan menyarankan untuk menginstall aplikasi lain yang muncul pada iklan-iklannya.
  5. Matikan Service Yang Tidak Dipakai (GPS, Wireless, Hotspot, Bluetooth, Sinkronisasi, Sosial Media). Ini adalah suatu Tips yang cukup ampuh, terkadang kita lupa bahwa service-service tersebut selalu dalam posisi aktif. Saat Data Internet aktif sering juga Wirelessnya juga aktif, belum lagi Bluetooth. Nah pastikan fasilitas tersebut hanya aktif saat kita butuhkan. Karena saat aktif secara bersamaan akan menyebabkan aplikasi dan handphone akan berusaha mencari koneksi keluar yang menyebabkan banyaknya permintaan koneksi. Ini sering menyebabkan handphone kita menjadi lemot.
Sahabat bisa juga membaca : Cara Memperbaiki dan Mengatasi Handphone Asus Zenfone Max Yang Hang atau Tidak Jalan
Demikian 5 Tips Memperbaiki Handphone Smartphone Yang Lemot, setidak dengan tips tersebut sahabat bisa mengatasi permasalahan yang terjadi pada handphonenya. Jadi belum tentu lemotnya hp karena kerusakan perangkat atau hardware justru terkadang cara pakai kita yang tidak benar terhadap hp tersebut.
Terima kasih sudah berkunjung ke blog tekno-g ini, Jika sahabat menemukan hal yang salah dalam artikel ini silahkan komentar yang membangun untuk perbaikan, kami akan berusaha mencari solusi segera mungkin. Apabila merasa bermanfaat yang besar silahkan like and share. Terima kasih

0 Response to "5 Tips Memperbaiki Handphone Smartphone Yang Lemot"

Post a Comment

Silahkan Komentar Yang Membangun. Komen SARA, Judi, Pornografi dan Melanggar Undang-Undang akan ditandai sebagai SPAM